Tentang Sanitasi Di Kapal Pesiar

Tentang Sanitasi Di Kapal Pesiar

Kapal pesiar berkeliling dunia, mengunjungi pelabuhan-pelabuhan menarik. Setiap kapal berlabuh akan didapati banyak hal. Keberagaman orang, keberagaman budaya. Anda harus membawa pengertian dasar akan pentingnya sanitasi, karena hal tersebut bagian dari pekerjaan dan efeknya adalah terhadap perjalanan keliling dunia itu sendiri.

Kebiasaan bekerja dengan baik atau dengan mengikuti standar yang telah diberlakukan akan bermanfaat kepada orang lain disekitarnya. Dalam pengertian dasar ini, seluruh karyawan yang bertugas di seputar makanan dan minuman harus memahami setiap detail masalah-masalah yang ditimbulkan oleh makanan atau minuman itu sendiri.

Pengertian dasar tersebut merupakan sarana efektif untuk senantiasa memperhatikan makanan dan minuman dalam keadaan terjaga dari kontaminasi. Perhatian terhadap makanan terhadap kontaminasi adalah tindakan berhati-hati untuk menjaga agar bakteri atau penyakit tidak berkembang cepat di makanan dan minuman tersebut. Adanya peraturan bagi segenap orang untuk memahami hal ini, dikarenakan rusaknya makanan dan minuman karena bakteri adalah ketidaktahuan orang tersebut dalam menempatkan atau menyimpan barang tersebut dengan benar.

Kapal pesiar selalu berusaha menyajikan makanan dan minuman yang enak, lingkungan yang nyaman dan aneka hiburan yang menarik. Banyak orang meluangkan waktu berwisata di atas kapal pesiar untuk benar-benar menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Untuk itulah orang yang ditempatkan sebagai pramusaji menjadi bagian yang benar-benar sangat penting untuk kegiatan bisnis tersebut.

Pramusaji mempunyai tanggung jawab penuh terhadap cara penyimpanan, pengantaran, maupun penyajian makan dan minuman itu sendiri. Standar yang diikuti oleh perusahaan disesuaikan dengan standar yang diberlakukan oleh departemen kesehatan. Seperti kebanyakan kapal pesiar, standar yang diikuti adalah standar departemen kesehatan America, atau yang lebih dikenal dengan sebutan USPH (United State Public Health). Dalam prakteknya, Departemen kesehatan America memberlakukan pengecekkan rutin setiap enam bulan sekali kepada setiap kapal pesiar yang masuk wilayahnya.

Keharusan mengikuti pelatihan penangan makanan dan minuman akan menumbuhkan rasa percaya diri, dan penguasaan pekerjaan dengan baik, sehingga target mendapatkan makanan bebas dari kontaminasi dapat tercapai.

Beberapa hal dasar yang perlu dipelajari antara lain: Sanitize, Sterilize, Pasteurize, Contamination, Food Borne Illness, Food Service Equipment.

Sanitize
Sanitasi adalah mengurangi pengaruh bakteri pada level tertentu untuk peralatan yang berhubungan dengan makanan dengan cara memanasi atau dengan menggunakan bahan pembersih resmi.

Sterilize
Sterilisasi adalah membunuh organisme dengan cara memanasi atau dengan menggunakan bahan kimia. Tindakan ini lebih sulit untuk dilakukan daripada proses sanitasi.

Pasteurize
Istilah pasteurize adalah memberi panas pada suhu dan durasi waktu tertentu, untuk membunuh bakteri atau organisme.

Contamination
Tercemarnya makanan atau minuman karena pengaruh bakteri maupun kotoran.

Borne Illness
Keadaan fisik seseorang yang mengidap sakit setelah makan atau minum dari sumber yang terkontaminasi. Sakit yang diderita biasanya berbentuk diarea, nausea, vomiting, atau demam.

Food Service Equipment
Peralatan yang digunakan untuk menyiapkan atau menyajikan makanan, seperti kulkas, pemotong, cutting board, piring, sendok dan sebagainya.


Posted

in

,

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by SEKOLAH KAPAL PESIAR & PERHOTELAN (@medwist)

Akselerasi Course Dokumen Pelaut English Cruise Explore MedWist Gallery MedWist Info Job Info Kursus Kompal Kampul Kutipan MedWist Management MedWist Skill News Official Program Serba-Serbi Testimoni Tips Kapal Pesiar Uncategorized Video MedWist

@medwist2024