Dry Dock Kapal Pesiar Bisa Jalan Jalan Sepuasnya

Dry Dock Kapal Pesiar Bisa Jalan Jalan Sepuasnya

Kapal akan merapat ke sebuah pelabuhan yang khusus difungsikan untuk service mesin sekaligus repairing interior. Setelah bersandar, kapal akan dikelilingi tembok baja yang nantinya akan tertutup baik sisi depan, belakang dan samping. Kemudian air akan dikuras, sehingga badan kapal akan nangkring dan kelihatan sampai bawah-bawahnya.

Inilah yang disebut dry dock. Semua department akan mengikuti program pembenahan. Misal di housekeeping, bisa jadi banyak karpet koridor akan dilepas dan akan diganti baru. Atau sekedar ditutupi plastik untuk meminimalis resiko rusak saat aktifitas pembenahan interior dilakukan.

Dry dock bisa memakan waktu hingga sepuluh hari, bahkan lebih tergantung tingkat pekerjaan yang akan dilakukan. Bedanya dengan hari-hari biasa, kalau dry dock tidak ada penumpang (passenger), sehingga kita crew member akan mendapat waktu bebas tidak bekerja lebih banyak. Kalau sudah begini, tujuan jalan-jalan makin seru.

Sebut saja Brisbane Australia. Ketika kapal sedang dalam kondisi dry dock, tiap sore hingga pagi kita nya menghabiskan waktu diluar. Segera ke train station, beli tiket lantas menuju daerah yang agak jauh dengan kota tersebut alih-alih back packeran.Bisa saja ke paradise beach, atau cukup di kotanya brisbane dengan kehidupan malam harinya.

Atau sembawang singapore. Kapal sedang dry dock, ujung ke ujung Singapore bakal klar selama 10 hari di situ.

Boleh juga ketika kebagian dry dock di vigo italy. Barcelona menjadi tempat favourite untuk menyaksikan keindahan kota nya.

Selain dry dock ada pula wet dock, dimana pembenahan kapal lebih fokus di area dalam kapal.

Jika nanti, kalian kebagian dry dock, hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah pengumuman masalah supply listrik dan air. Kondisi dry dock banyak pipa-pipa pembuangan atau air yang sementara waktu tidak aktif. Kalau sudah begini, untuk urusan ke toilet jangan asal duduk lalu berhajat. Bisa-bisa sesuatu yang perlu di flush bakal  stay cool di situ.


Posted

in

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by SEKOLAH KAPAL PESIAR & PERHOTELAN (@medwist)

Akselerasi Course Dokumen Pelaut English Cruise Explore MedWist Gallery MedWist Info Job Info Kursus Kompal Kampul Kutipan MedWist Management MedWist Skill News Official Program Serba-Serbi Testimoni Tips Kapal Pesiar Uncategorized Video MedWist

@medwist2024