Sistem Pemberangkatan Kru Kapal Pesiar Saat Pandemi Terbaru

Sistem Pemberangkatan Kru Kapal Pesiar Saat Pandemi Terbaru

Royal Caribbean itu kru dari Indonesia mengerjakan Medical Check Up (MCU) nya di rumah sakit Puri Meridca yang berada di Priok Jakarta. Pada umumnya perusahaan lain seperti Alpha Magsaysay dengan kapal pesiar Costa, Aida juga di rumah sakit tersebut. Holland America Line sebelum bekerja sama dengan rumah sakit Siloam, kru nya juga melakukan MCU di Puri Medica. 

Mas Dion tiba di Turki untuk melanjutkan penerbangan menuju ke Royal Carribean yang mana rata-rata kru saat pandemi ini join on board nya di St. Marteen yang masuk kepulauan Karibia. 

Flash back sedikit ketika MCU saat pandemi sekarang ini. 

Sebelum MCU kita harus rapid antigen dahulu, dan ini seperti menjadi syarat mutlak. Seperti biasanya, jika dalam MCU terdapat beberapa permasalahan seperti kolestrol tinggi, gigi bermasalah karena lubang atau tumbuh miring hal yang dilakukan adalah tindakan medis sesuai ukuran dan rekomendasi dokter setempat sampai keterangan FIT FOR DUTY alias dinyatakan sehat untuk bekerja didapat. Kalau masih UNFIT jelas keterangan sehat terpending dan pengulangan MCU, sampai betul-betul berhasil sesuai standar kesehatan MCU. 

Tentang vaksin beberapa vaksin yang biasa diterapkan adalah flu shot, MMR. Adapun untuk vaksin covid 19 untuk saat ini bisa dilakukan di kapal, jadi tidak perlu vaksin di Indonesia, disebabkan belum banyak tempat yang melayani, kalaupun ada bisa terjadi 2x vaksin, bukan sekali langsung selesai. 

Detik-detik keberangkatanpun tiba, dan dokumen adalah barang pribadi yang vital dan penting untuk disiapkan selain kebutuhan yang telah di list dalam daftar personal belonging seperti obat-obatan favorit dari rumah, bahka ada yang tak lupa buntelan dari mbahe 😅

“oya … lupa om”, sela mas Dion saat mengabarkan. “saat ini syarat wajib cuma PCR Test yang hasilnya harus NEGATIF dikirimkan ke Crew PCR Result untuk direkam/ recorded. Kemudian saat melakuan penerbangan menuju negara yang dikunjungi kita harus mengisi semacam aplikasi semacam eHac (Electronic Health Alert Card) dimana ini seperti menjadi syarat wajib untuk kewaspadaan kesehatan versi yang lebih praktis dibanding model kartu yang manual seperti sebelum-sebelumnya”. 

Oke terima kasih Mas Dion, save flight have a nice time on board ! stay cool and stay health. 

Demikian ceritanya saat ponakan sendiri berangkat ke Kapal Pesiar beberapa hari lalu. 

Semoga ada bermanfaat 🙏


Posted

in

,

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by SEKOLAH KAPAL PESIAR & PERHOTELAN (@medwist)

Akselerasi Course Dokumen Pelaut English Cruise Explore MedWist Gallery MedWist Info Job Info Kursus Kompal Kampul Kutipan MedWist Management MedWist Skill News Official Program Serba-Serbi Testimoni Tips Kapal Pesiar Uncategorized Video MedWist

@medwist2024