Jurusan Kerja di Kapal Pesiar

Jurusan Kerja di Kapal Pesiar

Jika ingin bekerja di kapal pesiar, kompetensi yang diambil di kursus perhotelan dan kapal pesiar ada beberap macam, antara lain;

  1. Food & Beverage Service
  2. Food Product
  3. Housekeeping

Ketiga hal tersebut di atas adalah bagian atau departemen hotel. Sedang departemen lain di kapal pesiar sebenarnya ada departemen Engine dan Deck (Nautical). Kedua departemen selain hotel tersebut disiplin ilmu atau kompetensi yang diambil berbeda. Tentunya latar belakang pengalaman dan akademis harus disesuaikan dengan masing-masing jurusan.

Kita bahas tentang bidang perhotelan ya?

Pengalaman yang dibutuhkan setiap calon kru kapal pesiar dapat ditempuh dengan cara magang, casual, ataupun bekerja di hotel. Magang adalah praktek kerja nyata yang bisa dijalani sembari mengikuti kursus. Idealnya adalah 6 bulan untuk proses magang. Proses magang tidak disediakan bayaran, kecuali gratis makan di shift yang ditempuh. Casual adalah proses bekerja yang berbeda dengan karyawan tetap maupun pekerja harian (daily worker), karena kontraknya sesuai dengan kebutuhan. Casual worker dan daily worker sudah disediakan bayaran yang telah disepakati dan disesuaikan.

Food & Beverage Service

Merupakan bagian yang mengurusi layanan makanan dan minuman terhadap kru dan karyawan. Bagi yang bertugas sebagai pelayan restoran disebut dengan waiter. Bagian koki disebut dengan cook dan fungsi di atas maupun bawahnya dengan istilah yang bervariasi, ada demi chef, chef d parte, assistant cook dan lain-lain.

Bagi yang melayani makanan dan minuman ke kamar-kamar tamu disebut dengan room service attendant.

Food Product

Merupakan kru yang bertugas sebagai juru masak. Terdapat beberapa jabatan mulai dari paling bawah sampai dengan atasan (executive chef)

Housekeeping

Merupakan bagian yang bertanggungjawab terhadap kebersihan area umum, area tamu. Posisi jabatan disesuaikan menurut fungsinya. Room attendant/ room boy/ room attendant/ cabin steward/ stateroom attendant adalah mereka yang bertanggungjawab terhadap kamar tamu. Kemudian untuk yang mengurusi kebersihan area umum ada yang menyebut dengan public area attendant/ houseman.

 


Posted

in

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by SEKOLAH KAPAL PESIAR & PERHOTELAN (@medwist)

Akselerasi Course Dokumen Pelaut English Cruise Explore MedWist Gallery MedWist Info Job Info Kursus Kompal Kampul Kutipan MedWist Management MedWist Skill News Official Program Serba-Serbi Testimoni Tips Kapal Pesiar Uncategorized Video MedWist

@medwist2024