Project Based Learning MedWist

Project Based Learning MedWist

Beberapa aspek seperti kecerdasan, kreativitas, ketrampilan, minat dan nilai-nilai yang dimiliki seorang siswa didik dapat dipengaruhi oleh yang namanya motivasi, tujuan hidup, budaya berfikir positif dan cara berkomunikasi.

Prinsip dasarnya dalam hal pengembangan potensi diri adalah menjadikan potensi yang ada dalam diri sendiri menjadi lebih baik.

Lantas potensi apa yang dimiliki oleh seorang kandidat? yang jelas banyak sekali contohnya, di antaranya adalah kompetensi yang berhubungan dengan hospility (industri pelayanan dengan keramahtamahan).

Hospitality adalah hubungan antara tamu dengan kita sebagai tuan rumah atau pekerja di ranah perhotelan/ pelayanan untuk menerima dan memberikan pelayanan dengan target SOP di level execellent. Menurut saya execellent itu di atasnya good.

Bicara mengenai proses mengembangkan potensi SDM bidang hospitality ada yang membaginya ke dalam kompetensi dasar dan kompetensi keahlian.

Kompetensi keahlian dibredel lagi ke bidang layanan jasa makanan atau tata boga, layanan makanan (food & beverage service), layanan tata graha (housekeeping) dan lain-lain.

Sedangkan kompetensi dasar salah satunya dan sangat penting sekali adalah character building.

Bisa bangun pagi, menikmati subuhan, menikmati kopi, menikmati secarik kertas untuk coretan tinta pena, greeting dengan full senyum dan menyapa tetangga, lingkungan kanan-kiri, menyentuh tumbuhan di sekitaran maupun ngrumat piaraan adalah modul luar biasa. Merupakan hidden topic dari modul tersebut.

Ternyata menjadi problem umum sekarang ini, bahwa banyak kandidat yang masih susah untuk bisa beraktifitas mendahului terbitnya matahari. (Kalah Karo Pletheking Surya ~ istilah Jawa).

Masih banyak yang terkadang terbuai satu sisi kompetensi dasar yang dengannya seolah kalau sudah bisa Bahasa Inggris semua akan “Welldone”. Padahal pembentukan karakter juga sangat penting untuk “Qualified”.

Untuk bisa membuka mata di pagi ternyata sama beratnya membuka rolling door karatan. Perlu dua sisi untuk membenahinya, pertama dari dalam diri memang harus ada kesungguhan, kedua perlu mentor untuk telaten membenahi pola.

Sejak lama MedWist mengemas pembelajaran yang tak hanya bersifat normatif adaktif, tetapi juga produktif. Hingga istilah Project Based Learning itu muncul menjadi istilah metode pembelajaran. Metode yang menggabungkan dua hal di atas.


Posted

in

,

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

View this post on Instagram

A post shared by SEKOLAH KAPAL PESIAR & PERHOTELAN (@medwist)

Akselerasi Course Dokumen Pelaut English Cruise Explore MedWist Gallery MedWist Info Job Info Kursus Kompal Kampul Kutipan MedWist Management MedWist Skill News Official Program Serba-Serbi Testimoni Tips Kapal Pesiar Uncategorized Video MedWist

@medwist2024